Baru Tamat Sekolah, Lanjut Kuliah Atau Kerja?

623

Selamat bermalam minggu lagi, para galauers! Gimana malam minggu kali ini sudah ada pasangannya belum? Seperti biasa, Lady menemani kamu yang bergalauria di malam minggu dengan menjawab pertanyaan dari salah satu galauers.

Kali ini Lady dapet pertanyaan dari salah satu galauer di Palembang.

WhatsApp-Image-20160611a

Sepertinya doi baru tamat sekolah ya, kira-kira doi ikut-ikutan coret-coret baju sambil konvoi di jalan nggak ya? Bajunya dibuat jadi crop top dan roknya dibelah sampe paha nggak ya? Ok skip.

Baiklah, Lady akan menjawab pertanyaan seorang galauer ini dengan membuatnya menjadi dalam dua keadaan. Check it out.

Lanjut kuliah

via news.okezone.com
via news.okezone.com

Kalo kamu lanjut kuliah, positinya banyak banget loh! Kamu bisa bertemu dengan banyak orang-orang baru nantinya. Ada kakak tingkat, teman seperjuangan, adik tingkat, dosen, dan bahkan masyarakat juga. Karena nanti ketika kamu menjadi mahasiswa, kamu akan dianjurkan untuk membuat pengabdian masyarakat. Pergauan kamu jadi luas banget, nentunya menambah link kemana-mana saat mencari kerja nanti.

Selain itu, kamu bakal tambah pinter. Pola pikir kamu makin maju dan siap menjadi manusia yang modern. Kamu nantinya akan tau tentang persaingan, tentunya persaingan yang sehat ya. Mengembangkan diri dari yang awalnya biasa-biasa aja, sampe akhirnya kamu bisa tau bakat-bakat apa aja yang ada  di diri kamu.

Negatifnya? Waktu kamu akan tersita banyak untuk berkuliah. Nggak cuma di kelas aja, tapi kamu juga bakalan ngerjain tugas yang seabrek saat di rumah nanti. Selain itu, kamu belum mendapatkan uang saku sendiri, alias masih nadah sama orang tua. Baik itu dari uang jajan, maupun uang kuliah kamu yang biayanya nggak sedikit.

Langsung kerja

1
via uangindonesia.com

Kalo kamu langsung kerja, ada positinya juga dong. Kamu nggak usah nadah uang dari orang tua lagi. Udah bisa beli apapun yang kamu mau dari uang hasil keringat sendiri. Pastinya lebih bangga dan lebih bisa menghargai uang karena tau perjuangan nyari uang itu susah. Selain itu, kamu bisa nambahin uang belanja ibumu di rumah. Lumayanlah, buat meringankan sedikit beban orang tua.

Negatifnya? Biasanya kalo orang yang kerja sebelum kuliah, udah mulai males mau lanjutin sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi. Karena udah ngerasain gimana enaknya punya uang sendiri. Sayang kan. Selagi masih muda dan mampu buat belajar, tuntutlah ilmu setinggi mungkin.

Tapi, menurut Lady sih alangkah baiknya kalo kamu bisa kuliah dan kerja sekaligus. Nggak sedikit loh orang yang bisa menjalani hal itu secara bersamaan. Kamu bisa dapet pengalaman kerja, sekaligus uang yang bisa kamu pakai buat membiayai kuliah kamu. Tanpa harus minta sama orang tua lagi deh. Asyik kan?

SONY DSC

Yang jelas, kejarlah mimpimu setinggi langit. Kalo kamu nggak mau stuck disana-sana aja, kamu harus mengembangkan diri menjadi lebih lagi!

Jadi, sudah  bisa nentuin mau kuliah dulu atau langsung kerja?

  • IsiPiring

    nah mba kalau udah kerja sukse dulu baru nikah , apa kalu udah waktunya nikah , nikah aja sukses bisa ngikutin ( iya kalau Sukses ) hehehe

    • Ngomong bae

      opini yang bagus ixixixix