Kawasan Ulu adalah Kawasan Kampus? Bener Gak Sih?

1205

Sungai Musi membelah Palembang menjadi dua kawasan, yaitu kawasan Ulu dan kawasan Ilir. Nah, kawasan Ulu itu meliputi Plaju, Jakabaring dan Kertapati. Di daerah-daerah tersebut, banyak kampus yang berdiri sejak lama, sehingga di kawasan ini sering terlihat mahasiswa-mahasiswa yang memakai almamater kalo sedang ujian. Nah kampusnya ada apa aja sih?

Universitas Muhammadiyah Palembang

via archive.kaskus.co.id

Universitas ini resmi berdiri pada tahun 1979 dengan mempunyai 4 fakultas yaitu kedokteran, teknik, ekonomi dan keguruan. Wah ternyata sudah lama banget ya! Kalo mau main ke kampus ini, letaknya ada di daerah Plaju dengan bangunan khas berwarna hijau. Kampus yang berbasis keislaman ini juga satu-satunya universitas swasta di Palembang yang mempunyai fakultas kedokteran.

Universitas Kader Bangsa

via www.ukb.ac.id

Kalo kamu baru turun dari Jembatan Ampera menuju kawasan ulu, coba tengok ke sebelah kanan deh! Bangunan berwarna merah ini persis di samping Jembatan Ampera loh! Universitas Kader Bangsa sendiri berdiri sejak tahun 2000 dan sekarang memiliki 19 program studi dengan visi “Menjadi Universitas Kaderisasi yang unggul pada tahun 2020”. Sebenernya UKB nggak cuma punya kampus di ulu, melainkan juga punya kampus di kawasan ilir yaitu di sebelah hotel Imara simpang Sekip.

Universitas Bina Darma

via www.binadarma.ac.id

Kampus ini terkenal punya bangunan yang letaknya terpisah-pisah, tapi tetep dalam satu kawasan yaitu di Plaju. Tapi gedung yang paling ciamik diantara yang lainnya terletak di deket lampu merah simpang fly over Jakabaring. Disana berdiri gedung baru yang mewah. Setelah diresmikan pada tahun 2002, universitas ini memiliki 7 fakultas hingga sekarang dengan visi “Menjadi Universitas Berstandar Internasional Berbasis Teknologi Informasi  Pada Tahun 2025”

AMIK Bina Sriwijaya

via iaqil.blogspot.com

Kalo tadi pas kamu turun Jembatan Ampera dan langsung liat kanan kan ketemu Universitas Kader Bangsa, nah coba deh liat ke arah kiri pula. Kenapa? Karena kalian bakalan ngeliat AMIK Bina Sriwijaya! Ternyata awalnya kampus ini merupakan tempat kursus private komputer yang sekarang berkembang menjadi sebuah akademi di bidang komputer pada tahun 2008 silam.

Universitas PGRI

via detiksumsel.com

Kalo universitas yang satu ini, bersebrangan dengan Universitas Muhammadiyah Palembang. Universitas ini mencetak calon-calon guru penerus bangsa! Usianya sudah lumayan tua juga karena sudah sejak tahun 1984 dengan nama STKIP PGRI Palembang. Sekarang sudah memiliki 5 fakultas dan 1 pasca sarjana.

Ada universitas lain yang kelewat? Komen di bawah yaa.