Kupas Kalimat dalam Video Pria Marah ke Petugas KA

399

Sebelum kita ulas, mari kita lihat videonya.

Dalam video ini, ada seorang pria yang marah-marah di dalam ruangan PPKA (pengatur perjalanan kereta api). Video yang diunggah ke Facebook tanggal 28 April kemaren langsung menjadi menjadi viral. Diduga doi marah karena kesal dengan kemacetan dekat perlintasan kereta api. Tapi kamu ngerti gak sih dengan beberapa kalimat yang diucapkan pria itu? Daripada bahas kenapa TNI yang ada di dalem ruangan itu cuma diem aja, mendingan kita bahas apa sih maksud dari kalimat-kalimat yang diucapkan oleh pria itu.

“Ngerok duit negara”

Ini merupakan kiasan, maksud dari ngerok bukan petugasnya suka music rock. Yang dimaksud pria itu adalah ngerok yang kata dasarnya kerok yang artinya garuk. Di Sumatera sendiri, kata mengerok bisa diubah menjadi ngerok yang artinya sama. Jadi kalau diIndonesiakan, ngerok duit negara itu sama dengan menguaras uang negara. Alias mengambiil uang negara.

“Pilat galo kamu”

Yang ini cukup kasar, pilat. Jadi, pilat itu sejenis daki yang ada di kemaluan laku-laki. Bisa dikatakan pria itu menganggap semua orang yang ada dalam ruangan sebagai daki kemaluan.

“Kutangani galo gek”

Kalimat ini adalah kalimat pembuka atau bisa dibilang sebuah ancaman, karena artinya adalah “Kuhajar semua nanti”. “Kutangani galo gek” sendiri adalah kalimat kiasan yang cukup sering diucapkan oleh orang yang akan menghajar orang lain.

“Kurubuhkan galo”

Yang satu ini mungkin mudah untuk di pahami, maksudnya doi ingin merubuhkan gedung atau ruangan yang ada. Mungkin dia Superman.

“Peler galo kamu”

Cara bacanya tidak di gabung tapi bacanya pe-ler bukan peler dan pengucapan huruf R tegas. Nah kalau pilat tadi adalah dakinya ,yang ini adalah kemaluannya pria. Jadi maksud kalimat ini semua orang yang ada di ruangan adalah kemaluan pria.

“Kamu di sini buyan galo”

Kata buyan artinya adalah bodoh. Di Sumatera Selatan sendiri, buyan adalah kalimat kasar yang ditunjukkan untuk orang yang dianggap bodoh. Jadi maksud kalimat tersebut, semua orang yang ada di ruangan itu bodoh.

Gimana? Cukup jelas, kalau masih bingung, komen di bawah ya!