Mau Wisuda? Ini Duit Yang Harus Kamu Keluarkan

1370
via suryamalang.tribunnews.com

Tujuan seorang mahasiswa, ya you know, ngerebut gelar di belakang nama mereka. Bukan rahasia lagi, untuk menuju wisuda banyak orang pontang-panting supaya itu bisa terwujud. Ya, tapi yang perlu Ngomongbae Team infokan ke kamu juga, kalau menuju wisuda banyak pengorbanan yang bakalan terjadi. Mulai dari waktu, tenaga, pikiran dan kalian juga pasti tau “lost much money”. Duit jadi hal yang perlu kalian persiapkan.

Biaya cetak draft sampai jadi jilidan keras

via merdeka.com

Mau bimbingan pastinya kamu harus ngeprint beberapa lampiran, juga bahan, serta hasil penelitian yang kamu punya. Bego banget kayaknya kalau kamu ngadep dosen pembimbing dengan kertas bekas revisi kemaren atau yang lebih kurang sopan mau bimbingan modal laptop dan berharap dosen kamu mau ngeditin langsung di laptop kamu!

Disini pengeluaran yang akan banyak keluar. Kita gak bisa menghitungnya secara tepat, tapi gampangnya begini. Semakin lama kamu terjebak di zona ini, duit yang kamu keluarkan semakin banyak untuk beli kertas dan tinta.

Beli baju toga

ini bukan promosi kebetulan gambarnya pas aja! via bukalapak

Kalau di UNSRI sendiri kamu biaya baju toga sekitar 150 ribu rupiah ditambah harga patung sekitar 100 ribu rupiah. Sedikit saran dari Ngomongbae Team belilah perlengkapan ini seawal mungkin karena pakaian terbatas dan kalian gak akan mau kalau bajunya kekecilan atau kegedean. Ntap!

relate post

[galery] pengen wisuda tanpa skripsi bisa

Biaya pakaian (bisa jas atau kebaya)

via oktiaradwindahh.blogspot.com

Kamu gak mungkin kan, pakai kaos dan celana jeans atau pakai baju yang sehari hari kalian pakai untuk kuliah, pada waktu wisuda nanti. Ini hal yang memorable banget sehingga kamu harus terlihat layaknya “orang yang wisuda”. Ya, mungkin gak terlalu ribet untuk anak laki, cukup pakai pakaian rapi kayak jas. Tapi untuk cewek, ini termasuk biaya besar yang harus dihitung seperti kebaya dan make up. Bukan harga yang murah kalau kamu pakai jasa orang.

Biaya foto keluarga

via tumblr.com

Untuk hal ini, kayaknya orang tua yang bayar, tapi paling nggak kamu perlu tau berapa biaya yang akan dihabiskan untuk foto bersama keluarga di studio foto. Umumnya sih sekitar 150 ribu rupiah dan belum termasuk cetak ukuran gede.

Biaya makanan pendamping saat sidang tugas akhir

via kaskus

Hampir kelupaan, mungkin ini bukan kewajiban seorang mahasiswa untuk membawa makanan sebagai teman pendamping para dosen penguji di saat sidang berlangsung. Bukan juga budaya ataupun tradisi, tapi kalau dipikir-pikir 2 jam bahkan lebih di dalam ruangan mendengarkan kalian mengoceh tentang teori yang mungkin sudah didengar berkali-kali oleh mereka, mari anggap saja makanan itu adalah pengalih perhatian dari membosannya penjelasan.

Biaya traktiran

via azizramlieadam.blogspot.com

Yang terakhir, kita semua tau ini bukan kewajiban, tapi percayalah kalau teman kalian merasa ini wajib.

Jadi sudah siapkah finansial kalian untuk menghadapi pengeluaran yang cukup banyak dalam satu bulan ini? Kalau kalian ada tambahan jangan malu untuk komen di bawah. Oh iya, kita juga mau mengucapkan selamat untuk kalian para wisudawan. Welcome to the real world!