Menjadi Kartini Masa Kini, Bagaimana Caranya?

689

Ketika berbicara tentang Kartini, hal pertama yang ada di benak seseorang tentunya menyangkut emansipasi wanita. Emansipasi, yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat (seperti persamaan hak kaum wanita dengan kaum pria). Gerakan emansipasi itu pun telah banyak dilakukan oleh wanita di dunia, termasuk Indonesia. Berkat gerakan itulah, sehingga sekarang banyak wanita-wanita berprestasi yang mengharumkan nama Indonesia.

Wanita-wanita yang demikian, saat ini lebih dikenal sebagai Kartini masa kini. Kartini masa kini adalah orang yang mandiri, baik secara finansial maupun dalam kepribadian, serta memiliki kecerdasan dan daya guna, yang artinya mampu memberikan manfaat, baik itu untuk diri mereka sendiri maupun untuk lingkungannya.

Perayaan hari Kartini tidak cukup dengan hanya mengucapkan “Selamat Hari Kartini” dan kawan-kawannya. Kita sebagai wanita Indonesia patut menghargai dan mengenang perjuangan beliau dengan cara berusaha menjadi “Kartini masa kini”. Nggak perlu usaha yang wow, kamu bisa melakukannya dengan cara sederhana berikut ini…

Berpikiran Positif

Seorang Kartini masa kini memiliki pribadi yang menarik dan luar biasa. Dia nggak mudah terpengaruh oleh omongan nyinyir orang lain tentang dirinya dan percaya bahwa ia mampu meraih impiannya meski orang lain berkata sebaliknya. Seperti sosok Kartini yang berpikiran positif bahwa ia mampu membawa perubahan besar bagi kaumnya meskipun di zaman itu hal tersebut hampir mustahil.

Quotefancy-4910-3840x2160

Menjadi Wanita Cerdas dan Berani

Berkat Kartini, wanita masa kini dapat mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Kalau kamu ingin menghargai beliau, maka jadilah wanita cerdas dan berani. Tuntut ilmu setinggi-tingginya. Dan kamu juga harus berani mengungkapkan pendapat. Seperti yang dikatakan oleh penyanyi cantik, Beyonce “I am a woman and when I think, I must speak.”

via pexels.com

Buktikan Kalau Kamu Juga Bisa

Meskipun emansipasi wanita telah merajalela, masih ada beberapa orang yang menganggap beberapa hal tidak cocok untuk dilakukan oleh wanita karena mereka menganggap bahwa wanita tidak bisa melakukannya. Untuk mengubah persepsi ini, tidak ada cara lain selain membuktikan kalau kita bisa. Seperti jawaban Emma Watson ini :

via reshareit

Bersosialisasi

Semakin banyak kamu bergaul dengan orang dari berbagai latar belakang, maka semakin terbuka juga pikiran kamu. Sehingga kamu akan termotivasi dan hidup kamu nggak akan cuma stuck disitu-situ aja.

via pexels.com

Jadikan Pelopor Sebagai Motivator

Pelopor disini maksudnya para wanita yang telah membuktikan bahwa dirinya sukses menjadi Kartini masa kini. Banyak contoh yang bisa kamu ambil, misalnya Marissa Mayer, CEO Yahoo! (kamu bisa mengikuti kisah beliau dalam misinya menyelamatkan Yahoo! dari kebangkrutan dalam buku Marissa Mayer and The Fight To Save Yahoo!) Selain itu sosok Susi Pudjiastusti dan Najwa Shihab juga bisa kamu jadikan sebagai motivator. Dan tentunya masih banyak lagi.

Najwa Shihab, Kartini masa kini

Tanamkan Kesadaran Bahwa Wanita Adalah Makhluk yang Kuat dan Istimewa

Wanita adalah sosok istimewa yang diciptakan Tuhan untuk menjadi makhluk yang pantas dicintai dan dihormati. Untuk melengkapi keindahan ciptaanNya, Tuhan mengizinkan wanita menggunakan perhiasan indah seperti emas dan permata. Tuhan menciptakan sosok hebat terlahir dari rahim seorang wanita dan membentuk pribadi hebat dari didikannya. Tuhan juga menyertakan perasaan yang kuat sekaligus sangat rapuh pada diri wanita. Tuhan telah mengistimewakan wanita.

harus bangga ya!

Jadi, kamu harus bangga ya terlahir sebagai wanita!