Kamu Calon Mahasiswa Baru? Ini Dia Perbedaan Siswa dan Mahasiswa!

2643

Kalo sebelumnya, NGOMONGBAE TEAM ngasih tau apa aja fakta-fakta unik tentang Universitas Sriwijaya yang bisa kamu liat di Fakta Menarik Tentang Unsri, sekarang NGOMONGBAE TEAM mau ngasih tau apa aja sih perbedaan antara jadi siswa dan mahasiswa. Supaya kamu nanti bisa mempersiapkan diri sebelum resmi jadi mahasiswa baru. Nggak mau kan, kalo nanti ketika kamu jadi mahasiswa baru, malah jet lag dan ngerasa aneh karena biasa jadi siswa. Maka dari itu, persiapin dari sekarang apa aja yang bakal berubah ketika kamu menjadi mahasiswa nanti. Check it out!

  1. Pakaian
via williamlautama.wordpress.com
via williamlautama.wordpress.com

Saat kamu sekolah, kamu disuruh pakai seragam dalam seminggu. Baju putih abu-abu, batik, baju muslim dan pramuka di hari sabtu. Tapi ketika kamu kuliah nanti, kamu bisa pakai baju apa aja sesukamu. Mau bermotif atau polos, tangan panjang atau pendek, bahan tipis atau tebel, rok atau celana. Yang penting pakaian yang kamu pake harus rapi dan sopan.

2. Tas

bawa tas kecil aja via www.pinterest.com
bawa tas kecil aja via www.pinterest.com

Selama sekolah, tas kamu pake pasti itu-itu melulu. Paling kenceng juga punya 3 tas buat ganti beberapa minggu sekali. Tasnyapun pake ransel, atau selempang kalo cuma bawa buku dikit. Ketika kalian kuliah nanti, kamu bisa ganti-ganti tas sesukamu. Karena buku wajib yang dibawa cuma satu, yaitu binder untuk segala mata kuliah. Jadi, nggak perlu pake tas ransel lagi, kamu bisa pakai segala tas cantik milikmu ke kampus.

3. Sepatu

via odiariodeumacompulsiva.blogspot.com
via odiariodeumacompulsiva.blogspot.com

Anak sekolah mah sepatunya cuma pakai kets doang warna item, paling cuma beberapa anak bandel aja yang pake sepatu tanpa tali atau sepatu cantik ke sekolah. Itu pun beresiko dipanggil ke BK gara-gara nggak taat peraturan. Tapi ketika kalian kuliah nanti, kamu bisa pakai sepatu cantik apapunyang mau kamu pakai dengan motif dan warna yang bisa berbeda setiap harinya sesuai match sama baju yang kamu pake.

4. Jam ngampus

Ketika kamu sekolah dulu, jam sekolah udah ditentuin dari jam 7 sampe jam 2 siang kan ya. Ketika kamu kuliah nanti, jam ngampusnya bisa beda-beda tiap hari. Bisa pagi, agak siangan, atau bahkan cuma siang doang. Asyik kan?

5. Kendaraan

Kalo jaman sekolah kamu belum dibolehin bawa kendaraan, ketika kamu kuliah kamu sudah bisa bawa kendaraan sendiri. Pasalnya, umurmu sudah cukup untuk mendapatkan SIM.

6. Teman seangkatan

via informasikampus.com
via informasikampus.com

Kamu bakalan punya teman seangkatan yang jumlahnya banyak dalam satu jurusan, bahkan ribuan dalam satu universitas. Kalo jaman sekolah kan, paling cuma ratusan.

7. Teman sekelas

via isi-ska.ac.id
via isi-ska.ac.id

Jangan terkejut ketika nanti pas di kelas, kamu bertemu dengan mahasiswa angkatan tua. Bukan, dia bukan asisten dosen yang celingak-celinguk nyatetin siapa yang ribut, tapi doi adalah kakak tingkatmu yang ngulang mata kuliah.

8. Jam istirahat

Kalo jaman sekolah dulu, jam istirahatmu udah dijatahin jam 10 dan jam 1 selama 15 menit. Kalo kuliah nanti, kamu bisa punya waktu berjam-jam untuk istirahat selagi nungguin jam mata kuliah berikutnya. Bisa ngemall dulu dong!

9. Tugas

via www.memegen.com
via www.memegen.com

Nah, yang satu ini mulai sulit. Kalo jaman sekolah, tugas yang paling ribet paling cuma matematika atau buat prakarya. Ketika kuliah nanti, kamu bakal punya tugas yang bejibun dengan deadline yang mepet. Tugasnya juga bukan cuma ngerjain soal, tapi kamu akan bener-bener praktek di lapangan atau paparan hasil kerja kelompokmu di kelas.

10. Mata kuliah

Kalo mata pelajaranmu tiap semester itu-itu aja, ketika kamu kuliah nanti mata kuliahnya bakal aneh-aneh dan nggak akan pernah kamu temui sebelumnya. Siap-siap ya, karena makin lama, mata kuliahnya makin membunuh.

11. Mata kuliah milih sendiri

Ini asyik dong! Kamu bakalan milih mata kuliah sendiri di semester itu. Mau full, mau setengah, mau sedikit, mau ambil yang enak semua, mau ambil yang susah semua, itu pilihanmu.

12. Dosen

via www.olarv.com
via www.olarv.com

Sebutan untuk orang yang ngajar kamu nanti itu adalah dosen, jangan sampe lidahnya kepleset manggil guru lagi ya.

13. Satu dosen banyak ngajak banyak mata kuliah

Kamu bakalan bingung untuk yang satu ini. Dalam satu minggu, kamu bakalan bertemu dengan dosen yang sama beberapa kali dengan mata kuliah yang berbeda. Harus dihapal tuh.

14. Dosen sedikit ngomong, mahasiswa banyak bertindak

Karena kamu dituntut untuk mandiri, nanti dosennya akan irit ngomong, kamu dituntut untuk aktif di kelas. Misalnya, nanti akan sering ditemui kelas presentasi. Atau nanti dosen nyuruh kamu ambil data ke lapangan, kamu yang grabak-grubuk, doi taunya tinggal beres aja.

15. Ngejer dosen

via tutorialbelajarblogger.blogspot.com
via tutorialbelajarblogger.blogspot.com-00

Ketika kamu sudah mulai skripsi nanti, kamu bakal tau rasanya ngejer-ngejer dosen itu kayak apa rasanya. Dari mulai mau bimbingan, sampe mau minta ttd. Jangan harap kamu dicariin beliau nanti kayak jaman sekolah kalo kamu nggak  ngumpul tugas ya.

Sebenernya masih banyak loh perbedaan siswa dan mahasiswa yang akan kamu jalani nanti. Penasaran? Nanti NGOMONGBAE TEAM akan kasih selengkapnya di Perbedaan Mahasiswa dan Siswa Part 2