[GIGS REPORT] Record Store Day Palembang 2017

295

Kamu tahu apa itu RSD? Record Store Day atau yang biasa disingkat dengan RSD adalah hari raya rilisan fisik nasional yang berlangsung sejak 2008 di Indonesia. Di Palembang sendiri kegiatan RSD baru aktif sejak tahun 2015 dimana tahun ini merupakan tahun ketiga diadakannya RSD.

Pada awalnya, RSD merupakan gerakan pemilik toko rekaman independen untuk merayakan dan menyebarkan budaya rilisan fisik di Amerika. Dimana pada tahun 2008 ke bawah penjualan secara digital berkembang dengan cepat dan menyebabkan banyaknya toko-toko musik yang menjual rilisan fisik tutup. Dari sinila benih-benih terciptanya ide pemilik toko rekaman independen menyiasati dengan membuat kegiatan Record Store Day. RSD itu sendiri biasanya diadakan di minggu ketiga di bulan April.

RSD jadi surga bagi kolektor rilisan fisik!!!

Di Indonesia, Record Store Day digelar secara berbeda, dimana konsepnya bisa dibilang seperti Bazar. Hal ini dikarenakan RSD di Amerika dirayakan di setiap toko musik, sedangkan di Indonesia toko-toko musik di kumpulkan untuk membukn lapak di satu tempat di setiap kotanya. Wuih, jadi pasar persaingan sempurna dong!

Berbeda dari tahun sebelumnya yang selalu diadakan di RAW Record, Record Store Day di Palembang kali ini diadakan di Bingen Record Store (Dmajors Palembang), Jl Residen H. Abdul Rozak No.5 Simpang Patal Palembang, tanggal 23 April 2017 mulai dari pukul 14.00 – 21.00 WIB oleh Spektakel Klab.

via Spektakel Klab

Konten RSD Palembang sendiri sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana adanya Demo Trade, Music Show Case, Movie Screening dan Sharing Session. Dari awal digelarnya RSD Palembang hingga sekarang, perkembangan musik di Palembang terlihat sangat maju. Nggak percaya? Hal ini terlihat dari munculnya beraneka ragam genre musik yang timbul kepermukaan. Melalui Demo Trade, musisi di Palembang terdorong untuk produktif membuat karya dan tidak dapat dielakkan juga sebagai trigger adanya regenerasi.

Berikut beberapa dokumentasi yang diambil oleh team RVANG SVAR :

Penampilan Band Showcase pertama, The Flix !!!!
Selain berburu rilisan fisik, RSD bisa juga jadi tempat berburu jodoh nih! pepeeet teruus baaaang!
Pengunjung juga di ‘enakin’ sama BREATH
Rebutan CD band-band Demo Trade …
Music showcase ditutup dengan penampilan NO/R (re: noir)
Last but not least, RSD Palembang ditutup dengan nonton bareng film ‘High Fidelity’