Tips Cari Kerja di Luar Negeri

234

Mencari pekerjaan saat ini bukanlah hal yang mudah. Namun bila sungguh-sungguh dan berusaha bukan tak mungkin kamu akan mendapatkan kerja yang layak. Ngomongbae kali ini akan membagikan ulasan tips bagaimana cara cari kerja di luar negeri.

Apa sih untungnya kerja diluar negeri ?

Kerja di luar negeri bukan hanya meningkatkan pengetahuan kamu terhadap budaya lingkungan yang berbeda, dampak baik lainnya adalah dapat memperindah curriculum vitae (cv) kita untuk kembali ke tanah air jika kita merasa tidak ingin berlama-lama di luar negeri. Selain itu gaji yang lebih besar tentu menjadi hal utama yang membuat banyaknya job hunter menginginkan kerja di luar.

Bagaimana cara mendaftar lowongan di luar negeri ?

Era sekarang ini sudah banyak akses informasi mengenai berbagai lowongan pekerjaan. Poin Penting dalam mencari sebuah pekerjaan pada umumnya adalah selalu memantau website-website infomasi lowongan kerja seperti jobstreet.com, monsterjob, dan lain sebagainya.

berikut beberapa website loker luar negeri :

  • Indeed.com (Worldwide)
  • Seek.com.au (Australia)
  • Jobstreet.com.my ( Malaysia)
  • Monster.com.my (Malaysia)
  • Jobstreet.com.sg ( Singapore)
  • Monster.com.sg (Singapore)
  • Britishjobs.co.uk ( Inggris)
  • Jobs.ac.uk (Inggris)

Masih banyak lagi situs pencarian kerja internasional yang ada, namun list diatas adalah kumpulan top website yang banyak di gunakan saat ini. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan jejaring social linkedin untuk menulis cv kamu, karena sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan linkedin dalam mencari talenta kerja.

Tips penting saat mendaftar

Ada pepatah yang mengatakan “Jangan menaruh telur dalam satu keranjang”. Tentu kamu sudah paham apa maksudnya. Jadi intinya jangan cuma satu dua atau tiga perusahaan aja yang kamu apply. Cobalah mengirim lamaran sebanyak mungkin, namun dengan tetap menyeleksi perusahaan mana yang menurut anda bagus. Carilah informasi seputar perusahaan tersebut di google sebelum mengirim cv kamu. Dengan melamar dibanyak perusahaan, tentu membuat kesempatan kamu lebih besar untuk diundang ke tahap selanjutnya dari pada hanya mengirim lamaran ke beberapa perusahaan saja.

Biaya Hidup dan Tempat Tinggal

Pada saat diterima disalah satu perusahaan yang kamu apply, kamu perlu memastikan bahwa perusahaan tersebut menyediakan fasilitas yang baik buat kamu. Seperti Kesehatan dan tempat tinggal. Untuk tempat tinggal, memang ada beberapa saja perusahaan yang menyediakannya. Namun bila suatu perusahaan tidak menyediakan tempat tinggal, pastikan gaji kamu cukup untuk membiayai sewanya. Pengeluaran lainnya yang mungkin akan cukup besar adalah biaya hidupmu. Biaya hidup memang akan bergantung dari cara kamu masing-masing. Berikut beberapa data biaya hidup dan biaya sewa rumah di negara terdekat seperti Singapura dan Malaysia :

  1. Singapura

Biaya makan 3 kali sehari, transportasi, hiburan dan kebutuhan lainnya dapat mencapai  SGD 1000 per bulan. Bila kamu tidak mendapatkan fasilitas tempat tinggal maka kamu akan merogoh kocek sangat dalam untuk menyewa 1 kamar saja. Sewa 1 kamar Housing and Development Board dapat mencapai SGD 1000,  Jadi total pengeluaran kamu selama satu bulan tinggal di Singapura dapat mencapai SGD 2000. Angka tersebut dirupiahkan dapat mencapai Rp20 juta. Beruntunglah kalo dapat fasilitas tempat tinggal dari kantor. Tentu kamu harus menganalisis lebih mengenai biaya-biaya ini agar kamu tidak pulang dengan tangan kosong saat kerja di luar.

2. Malaysia

Malaysia adalah negara maju namun tidak semaju Singapura. Biaya hidup di Malaysia tidak semahal di Singapura. Bahkan biaya hidup di Malaysia terutama kota Kuala Lumpur hampir sama dengan biaya hidup di Jakarta. Berdasarkan pengalaman penulis, biaya makan di Kuala lumpur versi hemat tidak lebih dari RM 15 atau sekitar 50ribu rupiah. Satu porsi Nasi Ayam dan sayur untuk santap siang biasanya dihargai RM6 . Ya sekitar 20Ribu lah. Gak terlalu jauh dengan makan Restoran Hemat Jakarta a.k.a Warteg di Jakarta. kalo di totalin biaya makan, transportasi, dan hiburan di Malaysia dapat mencapai RM 700 sampe RM 1000 atau rata- rata 3 Juta Rupiah. Tergantung dari biaya hidup kalian tentunya. Jika kantor tidak menyediakan tempat tinggal, biaya sewa apartemen 1 kamar sekitar RM 700 – RM1000. Namun dari informasi temen-temen di Kuala Lumpur yang nyewa apartemen 1 kamar dapat di sewa dengan harga RM 700/Bulan, bergantung lokasi dan fasilitas tentunya. Gaji yang kamu terima sebagai seorang sarjana disini haruslah lebih dari RM2500 dengan catatan kamu diberikan fasilitas tempat tinggal dari kantor. Rata-rata pekerja expatriat fresh graduate di Malaysia dapat mengantongi gaji RM3000 atau sekitar 9jutaan rupiah perbulannya.

Itulah informasi mengenai Tips cari kerja di Luar negeri. semoga bermanfaat bagi kamu yang tertarik untuk menjadi expat a.k.a Tenaga Kerja Indonesia.